Belanja Cerdas, Belanja Hemat

01.07

Belanja, belanja, belanja dan perempuan suka banget dengan kegiatan yang satu ini. Bahkan sebagian perempuan menjadikan belanja sebagai penghilang penat dan stress. Meski begitu tak jarang setelah belanja justru makin pusing apalagi setelah tahu tagihan kartu kredit melonjak.

Tapi jangan khawatir, semua ini bisa disiasati. Sebagai perempuan saya juga termasuk yang doyan belanja, namun sejauh ini ada rambu-rambu yang bisa mengontrol belanjaan. Apa saja itu?


Daftar Belanja
Secarik kertas ini harus selalu saya siapkan dan dibawa saat belanja. Daftar ini terbukti ampuh untuk mengerem nafsu belanja. Kenapa, karena yang saya tulis di sana adalah barang yang benar-benar saya butuhkan, di samping itu dengan membawa daftar belanja saya punya estimasi berapa rupiah yang harus saya bayarkan ke kasir. Jadi tidak sampai over budget.

Belanja Akhir Pekan
Saat ini pusat perbelanjaan, supermarket maupun minimarket banyak yang menggelar diskon maupun potongan harga di akhir pekan. Karena akhir pekan biasanya beban pekerjaan sudah berkurang jadi ada waktu lebih banyak untuk belanja. Manfaatkan diskon dan potongan harga yang berlaku. 

Cermati Harga
Semakin banyak barang yang didisplay di rak tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan harga yang menimbulkan selisih antara harga di display dengan di computer kasir. Tidak jarang pramuniaga kelupaan mengganti harga di display dengan harga baru, karena banyaknya item yang dijual dan perubahan harga yang sewaktu-waktu. Bila kita menemukan harga yang di display lebih murah dari harga di kasir, sebagai konsumen kita berhak complain dan mendapatkan harga terbaik. Namun bila kasir tidak mau memberikan harga terbaik, keputusan ada di tangan konsumen. Tetap membeli dengan harga kasir atau membatalkan transaksi untuk item yang dimaksud. Kalau saya, bila selisihnya tidak sampai seribu saya akan mengikuti harga kasir karena mencari di tempat lain juga butuh waktu dan tenaga.


Gunakan Voucher Koran
Beberapa pusat perbelanjaan besar sering menyebar voucher diskonnya di Koran pada hari-hari tertentu. Ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potongan harga untuk belanjaan Anda. Voucher Koran ini bisa didapatkan di koran-koran besar, tidak ada salahnya digunakan. Bahkan saat di tempat belanja tidak jarang saya ditawari voucher Koran ini oleh pembeli lain karena dia sudah cukup. Lumayan kan …


Reward Kartu Kredit
Bagi Anda pengguna kartu kredit biasanya ada program reward dari pemakaian kartu ini. Reward ini bisa kita gunakan untuk membayar belanjaan kita tanpa mengurangi limit kartu kredit. Jadi kita tetap bisa belanja tanpa menambah tagihan.




You Might Also Like

0 komentar

Pengikut