BERKOMUNITAS, LEAVE OR NO?

02.00

Hari gini tuh ya kalau nggak punya komunitas rasanya dunia sempit, ke depan njedok, mundur kepentok apalagi ke samping makin nyesek. Yah arus informasi bisa masuk dari mana saja tanpa terbendung dan berada di antara orang-orang yang memiliki visi misi yang sama bisa membangkitkan semangat. Semua itu bisa didapat dengan berkomunitas.

Anggota komunitas juga tidak harus banyak dan memiliki massa, 10 orang saja yang berkumpul dan memiliki tujuan dan mengerjakan bersama serta berkelanjutan bisa menyebut kelompoknya sebagai komunitas. Jaman sekarang komunitas pun bisa berlangsung secara online melalui social media maupun media komunikasi lain seperti whatsapp dan blackberry. Satu orang bisa bergabung dengan banyak komunitas.

Meski dibebaskan untuk bergabung dengan banyak komunitas bukan berarti tidak ada rules yang harus dipatuhi. Tetap ada. Sebagai anggota komunitas ada baiknya kita perhatikan aturan-aturan ini supaya semua merasa nyaman.

Pahami Visi Misinya
Agar kita tidak merasa salah masuk wahana, sebaiknya sebelum memutuskan bergabung dengan suatu komunitas tertentu ketahui visi-misi komunitas yang bersangkutan. Dengan memahami visi-misinya itu mempermudah kita sebagai anggota untuk berkontribusi dan mendapatkan manfaat.

Aturan Komunitas
Setiap komunitas memiliki peraturan baik yang tertulis maupun tidak bagi anggotanya. Untuk aturan dasar dan prinsip biasanya tertulis namun untuk aturan yang sifatnya kebiasaan sering kali tidak tertulis tapi sudah menjadi kesepakatan bersama. Jangan dilanggar karena sanksi pasti ada meski tidak secara langsung.

Sebagai contoh Anda tergabung dalam komunitas pecinta kucing, dalam aturan komunitas jelas ditulis “dilarang memposting jual-beli kucing”, Anda melakukannya entah sengaja atau sekedar iseng ingin tahu ketegasan adminnya. Begitu postingan Anda diketahui oleh admin, paling ringan posting dihapus dan Anda ditegur. Tapi bisa juga Anda langsung dikeluarkan dari komunitas. Kalau sudah begini siap yang rugi, Anda sendiri kan?

Berbagi
Tujuan dalam berkomunitas salah satunya adalah memudahkan anggota berkomunikasi dengan anggota yang lain baik dalam satu area maupun lintas area. Kemudahan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi meski tidak satu lokasi. Manfaatkan ini untuk memperluas pergaulan dan memberi manfaat pada yang lain.
Gampang-gampang susah memang hidup berkomunitas, asalkan kita memahami aturan dan memiliki visi misi yang sama bagi saya ini memudahkan dan itu akan membuat saya betah di dalamnya. Namun bila sebuah komunitas sudah tidak sesuai dengan tujuan yang diinginkan daripada membuat keributan lebih baik keluar. Berkomunitas akan lebih nyaman bila bisa saling memberi manfaat satu sama lain.




You Might Also Like

4 komentar

  1. Hhhhmm aku sejauh ini nggak terlalu mikirin visi misi komunitas itu, mbak. Hheheeh. Eh ini untuk komunitas blogger ya. Nyemplung dulu, kenalan duu, baru deh ngerasain enjoy nggak nya :D

    BalasHapus
  2. Memang ada yg memilih nyemplung dulu, kl enjoy lanjut kl nggak stop seperti mbak Anesa, cm pada dasarnya saat memilih bergabung dg sebuah komunitas, kita sendiri memiliki tujuan atau hal-hal yg ingin dicapai dengan komunitas yg dituju. Dan mengetahui visi misi sebuah komunitas ini bisa meminimalkan salah pilih kelompok yg nantinya bisa berujung perselisihan. Btw anyway buswayyyy .... thankyouuusss sdh mampir :)

    BalasHapus
  3. Semangat berbagi, berkarya dan belajar bersama komunitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip sip markosip, betul mas. bersama memang lebih baik, banyak yang bisa diwujudkan dengan banyak tangan .... terima kasih sudah berkunjung :)))

      Hapus

Pengikut