BUBUR SINGKONG MASA KECIL

21.27

bubur singkong
Waktu masih kecil dan tinggal di sama nenek, hampir tiap hari makan singkong. Singkong hasil kebun sendiri jadi kalau pengen tinggal jebol sendiri. Saking banyaknya singkong di kebun, nenek harus berkreasi dengan bahan yang satu ini agar kami tidak bosan. Setelah dicoba-coba ternyata singkong banyak variasi makanan terbuat dari singkong.

Singkong bisa dibuat menjadi berbagai macam variasi makanan seperti tiwul, getuk, utri, bubur, kolak, dikukus saja atau digoreng biasa. Saya sendiri lebih suka kolak singkong atau bubur singkong. Simple, tidak susah dan enak …. 
Bubur singkong ini makanan kesukaan waktu kecil, seperti yang saya bilang cara buatnya pun gampang. Singkong dikupas lalu cuci sampai bersih kemudian dipotong dadu supaya lebih cepat empuk. Rebus dengan air santan agar gurih, tambahkan garam sedikit dan gula secukupnya.

santan
Saat mendidih, aduk pelan-pelan biar nggak lengket di panci. Bila dirasa kurang lembek bisa ditambah air. Hanya saja kalau langsung direbus hasilnya agak keras atau kalau mau diempukkan harus merebus lebih lama.
Ada cara lain agar cepat empuk saat direbus dan teksturnya lebih lembut. Jadi sebelum direbus, singkong dikukus sampai matang. Kemudian direbus dengan air santan. Aduk saat mendidih hingga seperti bubur, bila sudah angkat dan siap dihidangkan.

singkong setelah dikukus direbus dengan santan
Bagi sebagian orang ada yang santannya direbus secara terpisah, jadi bubur disajikan kemudian disiram santan. Saya lebih suka santan dicampur jadi satu saat memasak, lebih praktis dan hemat tempat. Makan singkong juga lebih mengenyangkan daripada makan nasi.

You Might Also Like

4 komentar

  1. saya juga suka olahan dari singkong, ini bubur singkongnya pakai gula gak mba?

    BalasHapus
  2. Pake mbak Santi, takarannya sesuai selera aja ;)

    BalasHapus
  3. Itu direbus sampe jadi bubur gitu mbak? Kalo santannya habis duluan gimana? Tambahin air aja?

    Salam,
    Aci

    BalasHapus

Pengikut