Mau Tahu Aja Atau Mau Tahu Banget

13.00

“Kepo ih kamu.”
Duh kalau sudah kena kata ini rasanya agak gimana gitu, kesannya kita yang dicap kepo ini adalah orang yang kengangguren banget sampai-sampai punya waktu untuk ingin tahu urusan orang. Apalagi kalau yang dikepoin hal-hal yang nggak penting, makin buruk aja citra diri kita.

Urusan di-kepo-in dan ngepo-in sebenarnya soal nyaman dan tidak nyaman menurut saya. Saat orang kepo terhadap apa yang kita lakukan kadang kita merasa risi, merasa dibuntuti dan diawasin padahal kita tidak harus bertanggung jawab apa-apa pada orang itu. Ini yang bikin kurang nyaman dan pada titik tertentu membuat kita merasa terancam.

Lalu bagaimana menghentikan ke-kepo-an orang terhadap kita:
Sewajarnya
Hidup sewajarnya tanpa dibuat-buat ini akan membuat kita tidak terlalu mencolok di antara yang lain, sehingga orang tidak terlalu penasaran dengan kita.

Terbuka
Bukan berarti kita harus menyampaikan segalanya pada orang-orang di sekitar kita, tapi cukuplah berbagi apa yang layak dibagi sehingga mereka merasa kehidupan kita sama. Tidak ada yang disembunyikan.

Membaur
Dalam sebuah pergaulan mengalirlah seperti air, membaur dalam setiap obrolan atau diskusi dengan teman-teman. Dengan begitu teman-teman merasa kita berada dalam koridor yang sama tanpa ada sesuatu yang exclusive jadi tidak mengundang Tanya dari yang lain.

Sementara untuk kita yang seringkali tak bisa menahan diri untuk ingin tahu urusan orang lain ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya antara lain:

Fokus pada pekerjaan
Biasanya kita ingin tahu apa yang dikerjakan orang lain karena tidak ada yang kita kerjakan. Jadi sebaiknya fokuslah pada pekerjaan kita sehingga kita tak punya waktu mengurusi orang lain.

Hargai privacy orang lain
Bertanya ada apa, kenapa dan mengapa sekali dua kali ini wajar sebagai bentuk kita peduli tapi terlalu sering bikin orang ilfil dengan kita. Hargai ranah pribadi orang lain, biarkan mereka dalam ruang yang hanya diisi oleh dirinya karena pada saat mereka membutuhkan teman bisa jadi kitalah orang pertama yang dihampiri.

Hidupmu lebih indah
Mensyukuri apa yang kita miliki akan membuat hidup ini lebih hidup. Setiap detik hidup kita berkualitas. Tak perlu bergunjing dengan yang lain, tak ada guna sibuk ingin tahu apa yang dikerjakan orang lain karena hidup kita sangat berharga dan ini akan memacu kita untuk berbuat lebih baik. 

You Might Also Like

2 komentar

Pengikut