4 Alasan Kenapa Harus Punya Asuransi Kesehatan

02.10

Sedia payung sebelum hujan, jangan tunggu sakit baru beli asuransi kesehatan. Siapapun orangnya pasti menginginkan sehat terus namun saat sakit datang kita tak bisa menolaknya, yang bisa kita lakukan adalah berobat. Itupun kalau ada dana, kalau tidak? Di sinilah pentingnya asuransi kesehatan.
Pemerintah dengan program BPJS-nya sebenarnya sudah mengajak masyarakat untuk melindungi dirinya, meski hingga hari ini faktanya belum semua warga Negara Indonesia memiliki BPJS. Mungkin sebagian dari kita selama ini merasa sehat-sehat saja jadi belum perlu asuransi kesehatan, tapi menurut saya berjaga-jaga itu lebih bijak daripada nanti kelabakan.
Sakit itu mahal
Sehat itu mahal, sakit lebih mahal. Saat sehat, kita bisa produktif berkarya hingga menghasilkan uang tapi bila sakit itu datang, produktivitas ini bisa berkurang bahkan berhenti total. Artinya dengan produktivitas berkurang saja penghasilan kita bisa menurun bagaimana kalau tidak produksi sama sekali, masih ditambah lagi harus mengeluarkan biaya untuk berobat.
Biaya kesehatan mahal
Kalau kita mau jeli, merasa nggak kalau biaya kesehatan itu gak pernah turun? Kita bisa melihat harga obat yang beredar di pasaran, tiap tahun ada kenaikan meski tidak banyak. Biaya rawat inap di rumah sakit pun mengalami kenaikan meski tidak setiap tahun begitu juga jasa dokter ada kenaikan juga meski tidak semua dokter menaikkan tarif jasanya. Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan biaya kesehatan, salah satunya inflasi yang cenderung naik setiap tahunnya.

Sakit datang sewaktu-waktu
Kalau bisa diprediksi datangnya mungkin kita bisa mempersiapkan sebelumnya, tapi yang namanya sakit selalu datang tiba-tiba dan kalau sudah sakit mau tidak mau kita harus mengusahakannya untuk sembuh, karena sakit itu sungguh tidak nyaman. Dalam upaya penyembuhan inilah dibutuhkan biaya yang jumlahnya relatif.
Sakit menambah kebutuhan
Saat sehat kita harus tetap memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari demikian juga saat sakit, kebutuhan sehari-hari tetap berjalan, sementara dalam kondisi sakit berarti ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, sakit akan menambah biaya kebutuhan kita.
Sakit ringan atau berat sama saja, semua membutuhkan biaya untuk pengobatannya. Di sinilah fungsi asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan biaya kesehatan sudah kita siapkan setiap bulan/tahun dengan membayar preminya jadi ketika sakit tiba-tiba kita bisa langsung menggunakannya untuk berobat.
Tidak harus memiliki asuransi kesehatan yang mahal atau high class karena saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan yang terjangkau kocek kita. Tinggal menyesuaikan fasilitas kesehatan seperti apa yang kita inginkan lalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi agen asuransi yang Anda percaya.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Setuju, asuransi saat ini tuh penting bener. Cuma untuk asuransi yang cover masalah kehamilan dan lahiran tuh ga banyak ya. Yang saya pakai ini Manulife, gak cover biaya dokter gigi. Padahal sebelumnya AxA dicover dokter giginya. Hehehe, tapi pake manulife ga pake duit sama sekali klo ke rumah sakit. Pas pake axa masih bayar 30% aja. Gitu.

    Nice share mak :)

    Salam kenal

    BalasHapus
  2. di produk baru Manulife ada yb mengcover untuk dokter giginya jg nama produknya MiUltimate untuk asuransi individu, kalau asuransi kesehatan corporate, dokter gigi termasuk dlm covernnya. smntr utk kehamilan dan melahirkan ini kebanyakan tidak dicover oleh perusahaan asuransi karena dianggap sbg kecelakaan/penyakit yg disengaja :)

    BalasHapus

Pengikut