MANFAAT Membuat Laporan Keuangan meski hanya SEDERHANA

16.45

Perasaan baru ambil duit di ATM ya, tapi kok di dompet udah tinggal dikit padahal nggak belanja-belanja lho …. Sering nggak ngalamin seperti ini? Dulu saya sering dan sekarang tahu cara mengantisipasinya. Dengan pembukuan sederhana yang mencatat pengeluaran dan pemasukan. Simple sih, tidak perlu rumit seperti neraca keuangan tapi ternyata ini membantu banget untuk menelusuri kemana saja uang kita belanjakan.
  • Laporan Pertanggung Jawaban

Catatan keuangan sederhana ini bisa bermanfaat layaknya laporan pertanggung jawaban, dimana setelah membacanya kita akan tahu dari mana saja sumber penghasilan kita, lalu kemana saja uang itu kita belanjakan. Penting atau tidak, semua akan terlihat saat kita membaca kembali laporan itu dan bila pembelanjaannya dianggap tidak penting maka bulan berikutnya tidak perlu dibeli lagi.

  • Untuk Menyusun Anggaran

Dari catatan sederhana ini kita bisa tahu berapa kira-kira penghasilan kita sebulan dan berapa kebutuhan kita. Dengan begitu bulan depan kita bisa membuat perkiraan apa saja yang harus kita beli dan bayar sehingga tidak lebih besar dari penerimaan, sehingga bisa disisihkan untuk menabung.
  • Tahu Kita Hemat atau Boros

Catatan keuangan sederhana yang dilengkapi dengan keterangan apa saja yang kita beli bisa digunakan sebagai acuan apakah kita termasuk hemat atau boros dalam mengelola keuangan. Kalau yang kita beli adalah barang-barang yang tidak termasuk dalam kebutuhan pokok atau urgent bisa dibilang kita boros. Adanya catatan keuangan ini bisa membantu kita untuk menekan hasrat belanja yang tidak penting.

  • Lebih Pandai Mengatur Keuangan

Setelah kita rutin membuat laporan keuangan sederhana, kemudian tahu apa saja yang harus kita beli dan berapa yang harus ditabung, ke depannya kita akan lebih mudah dalam mengatur keuangan, sehingga bisa menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Iya mba emng penting tuh buat semacam oret2an pengeluaran rutin kita. Aku tiap bln buat tp ya memang pengeluarannya byk. Trus langsung mules hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahahahhaa ... tapi minimal jadi tahu lah mana yg memang harus dikeluarin dan mana yg bisa sedikit direm #sedikit aja ngeremnya :)))

      Hapus
  2. Aku masih pakai manual nih.Pakai amplop amplop per pengeluaran.Tapi malah lebih efektif dan berhasil jadinya karena tidak tergoda mengambil uang di amplop pos lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip sip ... Dg begitu kita jd gak berani ngutik uang di amplop kan? :)))

      Hapus
  3. Aku kadang gtu mb...klo tengah2 bln...tp ternyata saldo dah tipis....trus diingat2...kmn tu larinya uang... Baru hari brkutnya dihemat2. Pernah juga catet perngeluaran perhari...tp lama2 ga tlaten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin catatan begini kuncinya mmg harus tlaten bunda ....

      Hapus

Pengikut