WHAT WILL YOU DO, AFTER LUNCH?

01.33

Lihat jam tangan, dikit lagi ah. Lanjutin kerjaan yang tinggal dikit. Yeayyy… pas jam 12 pas semua beres. Saatnya makan siang dan semua menghambur ke pantry. Di sini urusan makan siang memang disediakan kantor meski dengan menu sederhan tapi cukuplah untuk mengembalikan energi pagi yang telah terpakai.
Usai makan siang bareng terus ngapain, jam istirahat masih panjang. Sebagian besar sih tidur, tapi saya yang tidak biasa tidur siang tentu sulit melakukannya. Jadi saya memilih kegiatan lain, apalagi di Pasuruan ini juga nggak ada mall atau tempat untuk spending time.
Gemol : kucing yang dibuang ke pabrik dan sudah teradopsi

Kebetulan di sini banyak stray cat, jadi usai makan siang biasanya saya keliling dan menemukan mereka sedang menunggu diberikan sisa-sisa makanan. Ada beberapa orang yang peduli dengan keberadaan mereka dan kami sering berbagi tugas karena ada tiga bangunan gudang di sini. Meski ada juga orang-orang yang tidak suka dengan yang kami lakukan, kegiatan ini tetap berjalan. Prinsipnya tidak mengganggu para manusia itu. Antisipasinya kami selalu membawa bekal untuk kucing-kucing ini.
Namanya juga kucing liar yang tinggal di alam bebas, mereka sama sekali tak tersentuh vitamin atau vaksin. Sangat wajar bila suatu waktu kami menemukan ada yang sakit. Kalau ini pasti bagian saya karena mudah untuk mobile, jadi kebagian anter ke vet. Soal biaya? Kami sering urunan, kalau tidak terlalu besar biayanya biasanya saya handle sendiri dan dengan kesadaran masing-masing saat saya merawat yang sakit, teman-teman akan menggantikan tugas untuk memberi makan kucing yang biasa saya beri.
Apakah jumlah kucingnya tak bertambah? Pasti! Mereka meskipun setiap hari minta makan pada kami tapi belum sepenuhnya percaya dengan manusia, karena dari sekian ratus orang di pabrik ini yang peduli dengan keberadaan mereka masih sangat sedikit sekali, ini tentu saja sulit bagi kami untuk merengkuh mereka semua, hanya beberapa saja yang jinak. Nah, untuk yang jinak ini kami usahakan untuk steril, dengan begitu dia tidak perlu beranak-pinak.
Di tempat ini juga tidak bebas dari orang-orang yang membuang kucing, celakanya orang-orang ini adalah karyawan di sini juga. PR buat kami, bagaimana mengedukasi mereka agar tidak melakukan ini apalagi dengan alasan di rumah sudah terlalu banyak atau di sini ada yang ngasi makan. Untuk kucing-kuicng yang dibawa karyawan ini saat mereka baru tiba satu atau dua hari, segera saya memotretnya dan buru-buru mencarikan adopter. Kenapa segera? Iya, karena dasarnya mereka kucing rumahan yang biasa mendapatkan makan dan kasih sayang yang cukup, pasti agak sulit bagi mereka beradaptasi dengan lingkungan bebas. Kucing-kucing ini biasanya akan lebih murung dan penyendiri.
Lucee, kucing pabrik yang sudah disteril dan tetap tinggal di pabrik
Sekarang ini biaya ke vet sudah cukup ramah di kantong, jumlah kucing liar sudah membludak. Janganlah kita menambahnya dengan membuang kucing kita baik itu di tempat yang terlihat atau tidak olehmu. Sehari-dua hari setelah membuangnya mungkin kamu merasa kasian, tapi lama-kelamaan rasa kasianmu akan terkikis karena terbiasa dengan ketiadaannya. Jadilah owner yang setia seperti mereka setia padamu, percayalah saat mereka bersamamu, kamu adalah miliknya satu-satunya. Bila kamu membuangnya atau tidak mau merawatnya lagi, mereka kehilangan satu-satunya yang dimiliki dan mereka harus berjuang dari nol menghadapi kehidupan baru yang tidak mudah.
Bila tak ingin jumlahnya menjadi lebih banyak, lakukan steril. Sudah banyak program baksos steril baik yang murni free atau subsidi. Jadi gak ada alasan biaya mahal.
Alasannya karena kasihan. Eiittss … lebih kasian mana mereka terlantar dan kesulitan mendapatkan makanan apalagi kasih sayang. Lalu mati karena tak mampu survive di alam atau bersaing dengan yang lain, semakin hari makin sering kita mendengar animal abuse. Populasi yang membludak menjadi pemicunya.
Manfaat steril kucing sebenarnya banyak, bukan sekedar mengurangi populasi tapi juga membuat kucing jadi lebih tenang dan sehat. Dia tenang karena tak perlu lagi untuk bersaing mendapatkan pasangan dan makanan. Jadi lebih sehat karena tidak harus sering-sering hamil dan melahirkan.

Sementara untuk kucing jantan, steril bisa mengurangi spraying atau kencing sembarangan dan membuatnya lebih tenang. Nafsu makan jadi lebih banyak sih makanya kebanyakan kucing yang sudah steril jadi gemuk.


Greeya, kucing pabrik yang sudah disteril dan diadopsi
 *Tulisan ini dipersembahkan untuk gerakan Go Steril

You Might Also Like

3 komentar

  1. jadi inget kucingku yang sekarang entah dimana. dulu kakakku mengambil kucing liar yang masih kecil. namanya juga kucing liar, sangat lumrah jika "gudikan". eh, dianya lari ke genteng selama berhari-hari terkena panas dan hujan. beberapa hari setelah dia turun, gudiknya malah rontok :D

    bermanfaat sekali waktu after lunch-nya. kalo saya sih after lunch langsung blogwalking :D

    BalasHapus
  2. hahha, alam memang selalu menyediakan solusi bagi masalah penghuninya :))

    BalasHapus
  3. hahha, alam memang selalu menyediakan solusi bagi masalah penghuninya :))

    BalasHapus

Pengikut