BERSAHABAT DENGAN DISKON & SALE

00.10


Suka dengan yang gratis-gratis? Suka dong. Seneng liat diskon dan sale? Seneng banget apalagi kalau dibeliin. Dan semua itu bisa bikin kantong jebol atau tagihan kartu kredit tiba-tiba melonjak tajam. Mampus deh, gaji tinggal slipnya doank. Lalu nyengir.

Hari gini berbagai macam cara dilakukan penjual agar konsumen tertarik dan membeli barangnya, entah barang itu diperlukan mereka atau tidak. Faktanya sekarang ini tidak semua orang membeli karena butuh, kadang mereka beralasan mumpung lagi promo atau diskon. Padahal kalau dituruti hampir tiap bulan ada diskon, bahkan di minimarket waralaba selalu ada promo tiap Jumat-Sabtu-Minggu. Betul-betul harus extra manage duit dan hasrat, agar bisa bertahan hingga tanggal gajian tiba.

Godaan diskon, promo dan sale memang aduhai, meracuni pikiran. Nggak diambil sayang, diambil tagihannya bikin kepala puyeng. Apapun yang terjadi keputusan ada di tangan Anda, konsumen harus cerdas.
  • Perhatikan syarat dan ketentuan berlakunya

Beberapa produsen memberlakukan syarat bila konsumen ingin mendapatkan potongan harga atau diskon. Bentuk persyaratannya bermacam-macam, ada yang harus belanja dengan nominal tertentu, barang tertentu atau di outlet tertentu. Jadi bisa saja produk yang sama beda outlet diskonnya berbeda. Makanya teliti sebelum membeli hukumnya wajib, termasuk survey harga. Perempuan suka banget window shopping dengan alasan survey harga. Hayo ngakuuuu ….
  • Diskon time

Potongan harga diberlakukan di jam, hari atau tanggal tertentu. Biasanya tanggal muda, jelang gajian, weekend dan di jam-jam istirahat. Diberikan diskon pada waktu tertentu ini, karena di saat-saat itu konsumen masih pegang uang banyak, lebih santai tidak terburu-buru jadi waktu belanja lebih lama sehingga bisa lebih puas memilih. Biar nggak kalap saat belanja, bawa catatan kebutuhan yang mau dibeli.
  • Bawa catatan belanja

Ini yang menjadi panduan belanja. Seringkali diskon baru berlaku bila kita membeli item tertentu. Cek ulang apakah item yang menjadi syarat ini ada di daftar belanja atau tidak. Bila tidak renungkan kembali apakah bila membelinya akan berguna atau tidak. Jangan hanya karena mengejar potongan harga justru membuat kita belanja yang tak perlu.

  • Sesuaikan budget

Belanja kalau diturutin bawa duit berapapun bisa habis. Kalau memang tidak bisa mengontrol hasrat belanja, sebaiknya sebelum berangkat siapin anggaran agar tidak ngelunjak. Kalau perlu ATM, kartu kredit dan alat bayar lainnya ditinggal di rumah. Bawa uang pas lebih aman, jadi kalau mau beli-beli yang di luar budget bisa langsung stop dengan alasan duit habis.

Belanja memang bisa dijadikan obat stress tapi yang paling penting jangan belanja saat stress bisa-bisa habis belanja bukannya happy tapi tambah pening. Duit habis, mules.

You Might Also Like

2 komentar

Pengikut