PILIH-PILIH GADGET SESUAI KANTONG

20.33


Jaman canggih kayak gini, semua bisa kita lakukan dengan genggaman. Mau lihat berita terkini tinggal klik situs berita, mau belanja tapi males keluar rumah tinggal pesan online belanjaan datang sendiri. Mau transfer uang ke keluarga, bayar tagihan bisa dengan e-banking. Tagihan kartu kredit biar nggak ketahuan orang lain bisa manfaatkan e-statement dan semua tagihan dikirim ke email kita.
Selama smartphone di tangan memiliki kuota data yang cukup semua seolah bisa kita lakukan tanpa harus keluar rumah. Hemat waktu dan tenaga. Memiliki smartphone yang support aktivitas sehari-hari juga sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab lainnya. Bahkan untuk mendukung hobby kita.
Menilik semua kebutuhan kita sehari-hari yang nyaris tak bisa lepas dari internet, dukungan operator telekomunikasi juga harus diperhatikan. Makanya kita harus benar-benar cerdas dalam memilih smartphone agar semua maksimal dan nggak perlu bawa gadget banyak.
1. RAM (Random Acces Memory)
Semakin besar RAM semakin mempercepat kinerjanya. Karena daya tampungnya yang besar meski menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan tidak ada masalah karena masih ada ruang yang cukup.
2.  Memory Card
Berapa besar yang bisa ditanamkan sebagai tambahan untuk menyimpan data, baik gambar, audio, maupun video. Tentu saja semakin besar memory yang kita jejalkan kita bisa menyimpan semakin banyak, namun alangkah baiknya tidak terlalu besar supaya pada saat membukanya tidak terlalu lama mencarinya.
3. Jumlah SIM Card
Saat ini sudah ada handphone yang berisi, 1, 2 dan 3 sim card sekaligus dalam satu gadget. Menggunakan gadget dengan sim card lebih dari satu bisa lebih praktis dan hemat karena tidak perlu beli gadget tambahan, tapi sim card terlalu banyak juga bikin boros batteray. Satu gadget dual sim, oke lah …
4. Perhatikan OS-nya. Semakin tinggi OS sebuah gadget semakin baik, namun bukan berarti harus dipaksakan. Dipaksakan di sini misanya smartphone kita menggunakan OS 6, tapi dipaksa untuk upgrade ke OS 7. Hasilnya smartphone jadi lebih lambat dan sering hang.


5. Kamera. Bagi penggemar foto, fitur ini sangat penting dan saat ini hampir semua ponsel memiliki kamera. Tinggal berapa megapiksel yang ditanamkan. Ada juga ponsel dengan kamera depan dan belakang, ini untuk penggemar selfie harus ada kamera depan. Saya sendiri memilih ponsel dengan kamera depan dan belakang supaya memudahkan dalam mengambil gambar. Menggunakan 3MP dan 5MP sudah cukup karena saya masih lebih suka menggunakan kamera lain untuk mengambil gambar. Kamera ponsel hanya untuk kondisi darurat.


6. Harga. Semua spesifikasi yang kita butuhkan ada tapi harga tak terjangkau, sama juga bohong. Jadi kalau mau beli gadget tetapkan budget kemudian pilih-pilih yang speknya sesuai dengan yang kita butuhkan dan kantong kita.



You Might Also Like

6 komentar

  1. kalo saya pertimbangannya di harga dan kameranya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan harga lebih menentukan hahahah

      Hapus
  2. Saya sih biasanya kamera sama kapasitas penyimpanannya aja maklum suka foto-foto tapi bukan selfie ya

    BalasHapus
  3. Aku prefer ke memory krn suka simpan data byk

    BalasHapus
  4. Harga dan performance dari smartphone tersebut ya Mbak, pastinya kamera sama kapasitas memorynya juga penting sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha betul mbak, memory gede bisa nyimpen banyak :))

      Hapus

Pengikut