Cara Bijak Menghadapi Pekerja yang Keranjingan Teknologi

20.28


Teknologi sejatinya diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Namun sayangnya kini banyak orang yang justru menggunakannya secara berlebihan. Sehingga kata “keranjingan” bisa menjadi istilah yang tepat untuk mendeskripsikan perilaku tersebut.
Sah-sah saja bila semua orang ingin lebih dekat dengan teknologi. Apalagi kini banyak produk teknologi unggulan yang ada di MatahariMall. Beli tablet Advan terbaru pun jadi kian mudah dan hemat melalui toko online yang satu ini. Jika bertemu dengan para pekerja yang keranjingan teknologi, sebaiknya para pemimpin mencoba cara-cara bijak berikut ini :
Memberikan Pengertian Secara Personal
Jangan mempermalukan pekerja yang terlalu sibuk dengan gadget-nya. Sebaliknya, lakukan pendekatan secara personal pada pekerja tersebut. Berikan pengertian secara personal bahwa penggunaan teknologi untuk kepentingan pribadi harus dibatasi selama berada di tempat kerja. Dengan demikian, pekerja tersebut akan sadar diri dan mulai mengurangi kebiasaan buruknya.
Sosialisasi Aturan yang Ketat
Jika banyak pekerja yang keranjingan teknologi, pemimpin bisa mengambil sikap tegas dengan memberlakukan aturan yang ketat. Misalnya, gadget hanya boleh diakses untuk kepentingan pribadi selama jam istirahat. Hal ini akan membuat pemimpin menjadi sosok yang lebih bijak sekaligus membuat peraturan yang diberlakukan jadi lebih efektif.
Menugaskan Pekerjaan yang Berhubungan dengan Teknologi
Sebenarnya teknologi bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang produktif. Untuk menyiasati hal ini, pemimpin bisa memberikan penugasan kerja yang berhubungan dengan teknologi. Biarkan para pekerja menggunakan smartphone atau Tablet PC-nya untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat.
Membuat Program Khusus untuk Para Pekerja
Tak cuma membuat produktivitas menurun, penggunaan gadget secara berlebihan juga membuat hubungan antar pekerja jadi merenggang. Oleh sebab itu, program khusus untuk mengakrabkan para pekerja harus diberlakukan di kantor. Beberapa program menarik seperti acara minum kopi bersama atau acara obrolan ringan antar karyawan secara otomatis mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan.
Masih banyak cara efektif lainnya yang bisa diterapkan untuk menekan perilaku keranjingan teknologi di kalangan pekerja. Karena kualitas pekerjaan akan terjaga bila komunikasi antara pekerja dan pemimpin berlangsung lancar tanpa gangguan gadget.

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut