Manfaatkan Pegadaian Untuk Memiliki Emas Impian

02.56

Emas selain jadi perhiasan bisa juga sebagai investasi, meski untungnya tidak terlalu besar namun relatif stabil. Karena emas tetap akan jadi milik kita selama tidak dijual atau hilang. Menjual emas, apalagi yang berbentuk perhiasan resikonya harga turun karena saat membeli, penjual membebankan ongkos pembuatan. Tapi kalau butuh uang, mau tidak mau harus dijual.

Itu pemikiran saya dulu, saat simpanan hanya berupa emas maka saat butuh dijual dan merugi. Namun sejak setahun terakhir perlakuan terhadap emas berubah. Waktu itu saya lagi butuh uang karena kucing kesayangan sedang sakit dan harus rawat inap di klinik hewan selama 2 minggu. Tentu bukan biaya yang kecil mengingat saat itu ada 3 ekor yang terkena virus panleu bersamaan dan mereka harus dikarantina agar tidak menular pada yang lain.

Kalung adalah satu-satunya tabungan yang dimiliki saat itu, tapi jujur sayang kalau harus dijual meski harganya stabil tapi pasti berkurang dibanding saat beli dulu. Lagipula kalau dijual belum tentu saya bisa membelinya lagi. Setelah bertanya pada teman yang sudah sering transaksi ke Pegadaian, saya pun ke sana, berharap semoga ini awal yang baik. Kucing-kucing saya yang di klinik sembuh dan saya pun tidak kehilangan kalung.

Jadilah gadai emas menjadi transaksi awal saya dengan pegadaian.  Memang harga yang diberikan lebih rendah dari harga toko tapi justru disinilah kelebihannya, dengan harga yang lebih murah masih memungkinkan saya untuk menebusnya kembali sehingga kalung itupun masih jadi milik saya. Misalnya saat ini harga emas Rp. 410 ribu/gram untuk emas 16 karat, bila kita menggadaikan emas kita kemungkinan mereka hanya menghargai Rp. 350 ribu/gram. Namun bila dijual di toko kemungkinan dihargai Rp. 375 ribu per gram. Selisih Rp. 25 ribu/gram bila dijual di toko dan untuk memilikinya lagi kita harus menyediakan Rp. 410 ribu/gram, sementara bila digadai kita cukup menebusnya Rp. 350ribu/gram + Bunga 1,15% per 15 hari.


Jangka pinjaman yang diberikan cukup panjang sekitar 4 bulan untuk menebus barang itu sebelum akhirnya dilelang. Saat jatuh tempo pun bila masih belum mampu melunasi pinjaman, nasabah diberikan kesempatan untuk memperpanjang lagi selama 4 bulan agar tidak dilelang. Menjelang jatuh tempo petugas akan mengingatkan kita dengan menelpon atau sms agar nasabah mempersiapkan uangnya.

Besarnya jumlah pinjaman pun bisa disesuaikan, karena pinjaman besar akan berdampak pada bunga yang besar juga. Nasabah diberikan kebebasan untuk mengambil semua pinjaman sesuai nilai taksiran atau seperlunya saja. Bunga pinjaman di Pegadaian 1,15% per 15 hari. Untuk membayarnya pun diberikan kemudahan dengan mencicil atau membayar penuh.

Saat ini saya sudah beberapa kali memanfaatkan layanan pegadaian emas, bukan hanya sekedar meminjam dana dengan sistem gadai tapi juga menabung di Tabungan Emas. Tabungan ini memungkinkan kita memiliki emas dengan cara mencicil. Besarnya setoran terserah nasabah, bila jumlahnya sudah mencukupi nasabah juga dibebaskan dalam penggunaannya. Bisa ditarik dalam bentuk uang tunai atau logam emas dengan berat yang sesuai dengan nominal yang ada. Saat ini kepingan emas di Pegadaian tersedia mulai dari 5 gram sampai 1 kg.


Selain itu, Pegadaian di waktu-waktu tertentu juga mengadakan lelang, yang paling sering lelang emas dari nasabah yang tidak menebusnya. Harganya cukup murah bila dibandingkan dengan harga toko selisih sekitar Rp. 25 ribu – Rp. 30 ribu per gram. Memang saat membeli barang lelang kita hanya diberikan nota penjualan dari Pegadaian bukan surat toko dan justru di sinilah amannya menurut saya. Aman agar barang lelang yang sudah kita beli tidak terjual lagi. Jadi kalau butuh uang tinggal gadai aja, lalu ditebus saat ada buang.

Pembelian barang lelang pun bisa dengan sistem gadai. Dulu saya beli gelang dari lelang di Pegadaian. Saat itu harganya sekitar Rp. 1,4 jutaan. Saya membayar Rp. 400 ribu untuk DP-nya dan sisanya diangsur seperti kalau mencicil gadai emas yang biasa saya lakukan. Dan di bulan ketiga saat cicilan lunas, gelang itupun jadi milik saya. Sebuah usaha yang tidak sia-sia.

Keinginan saja tidak cukup, butuh usaha untuk mewujudkannya. Dan pegadaian siap menjadi sahabat yang membantu kita untuk mewujudkan keinginan kita dalam pembiayaan, pinjaman dan tabungan, dengan bunga yang kompetitif dan masa pembayaran yang bersahabat.

Alhamdulillah, kucing-kucing saya yang dulu dirawat di klinik dan saya membayar biayanya dari hasil gadai emas, sampai saat ini mereka sehat dan dalam kondisi yang baik.


You Might Also Like

0 komentar

Pengikut