7 Alasan Mengapa Harus Steril Kucingmu

00.51

Pathy Perry
“Nonton yuk!”
“Boleh, tapi jam 9 malam udah nyampe rumah yah.”
“Lah, mepet banget tuh sama jam pulang kantor.”
“Iya, anak-anak nunggu di rumah.”
Itu percakapan dengan seorang sahabat yang sekarang udah pindah keluar kota pas dia mau bikin farewell party. Dulu kami sering nonton bareng bahkan setiap ada film baru selalu info, meski untuk nonton tetep dipilih film-film yang bagus.
Belakangan sejak punya Pathy dan kawan-kawan, kegiatan di luar rumah memang berkurang banyak, lebih suka di rumah menghabiskan waktu bersama mereka. Menikmati semua tingkah lucu dan kenakalannya. Capek? Iya, tapi happy.
Sebelumnya, pulang kantor mau ngelayap sampai pagi pun oke aja, seharian di luar rumah nggak masalah. Pulang ke kos hanya untuk tidur, mandi dan ganti baju, selebihnya semua aktifitas lebih banyak di luar baik yang berurusan dengan kerjaan maupun sekedar main. Happy? Iya, tapi hampa. Ada ruang kosong yang harus diisi, bukan sekedar menghabiskan waktu dan gaji. Hidup terus berjalan, waktu tak pernah kembali. Bila tidak sekarang, kapan lagi harus memulainya.

Longga
Pathy CS adalah anak-anak beruntung yang ditemukan di jalanan dan sekarang mereka memiliki tempat tinggal yang nyaman, makanan yang cukup dan kasih sayang berlimpah. Jangan ditanya bagaimana bentuk mereka dulu saat pertama kali ditemukan. Kurus dan dekil. Sekarang, montok dan manis.
Bagi sebagian orang apa yang kami lakukan sering dianggap gila, memungut kucing di jalanan, menghabiskan uang untuk merawat mereka bahkan tak jarang harus ngutang ke vet dan klinik. Dan kami akan sangat bahagia manakala melihat mereka sehat, makan lahap dan pup padat. Astagaaaa … pup padat aja bisa bikin happy? Kalau kamu?
Meningkatnya kasus kitten dibuang, penyiksaan kucing dan kucing kelaparan adalah hal sangat menguras emosi, tenaga dan uang. Meski sudah banyak yang peduli dengan mereka namun masih belum bisa menuntaskan karena yang tak peduli lebih banyak. Mereka yang mengejek dan mengolok lebih banyak daripada yang bergerak menolong. That’s why, I’m really, really support fot steril program. Ini satu-satunya jalan untuk mengurangi populasi mereka secara sehat.
  1. Menekan populasi, kucing yang  sudah disteril baik jantan dan betina secara otomatis keturunannya akan terhenti meskipun tetap ada yang birahi dan kawin pasca steril tapi tidak bisa hamil dan menghamili.
  2. Lebih kalem, secara umum kucing  yang sudah disteril tidak lagi agresif jadi lebih mudah untuk mengendalikan karakternya sehingga mereka tidak mudah berkelahi.
  3. Lebih sehat, iya karena sudah tidak lagi melahirkan sehingga semua makanan yang dimakan asupan nutrisinya untuk diri sendiri tidak berbagi dengan janinnya. Kucing yang terlalu sering melahirkan juga rentan terkena penyakit apalagi bila kondisinya kurang stabil.
  4. Menghilangkan spraying atau kencing sembarangan dalam rangka menandai wilayah kekuasaannya. Kebiasaan spraying akan hilang perlahan-lahan hingga tidak ada sama sekali.
  5. Nafsu makan meningkat karena nafsu birahinya sudah menurun dan beralih ke nafsu makan, makanya kucing yang sudah steril biasanya lebih gemuk.
  6. Mengurangi jumlah kitten yang tidak diinginkan, karena tidak diinginkan biasanya dibuang. Lebih parah lagi dibuang tanpa induk padahal masih dalam masa menyusui.
  7. Hemat biaya. Yup! Kucing yang sudah disteril tidak akan beranak-pinak jadi bisa hemat biaya pakan.

Bunden Ngunyen, bantuin buka jendela
Dengan jumlah yang terkendali memungkinkan pemiliknya untuk merawat lebih maksimal sehingga kucing pun jadi sehat dan berpotensi memiliki usia yang panjang. Steril Yuk!!!


You Might Also Like

2 komentar

  1. bunden ngunyen kekar banget #salahfokus

    disini ada kucing betina liar yg agresif bgt.. tp memang dia aku perhatiin tiap tahun lahiran..

    BalasHapus
  2. Iya krn setiap anaknya udah disapih dan dia mulai birahi jd byk pejantan datang dan mengawininya. Makanya tiap tahun lahiran, bs jd tiap 4 bln sekali malah.

    BalasHapus

Pengikut