Kepedulian Kita, Keberuntungan Mereka. Yuk Peduli!

01.31

Lucee, kucing liar yang beruntung dan sudah disteril

Akhir-akhir ini banyak teman-teman Cat Lover (CL) yang posting di sosial media terutama facebook untuk open adopsi kucing yang mereka temukan atau rescue. Ada yang masih kitten belum buka mata hingga yang sudah dewasa.
Kondisi kucing yang mereka temukan pun beragam, ada yang ditemukan dalam kondisi sehat namun tak jarang mereka menemukan dalam kondisi sakit dan mengenaskan sehingga butuh pertolongan segera. Kenapa ini terjadi dan sering? Padahal mereka yang menolong pun tak henti-hentinya. Rasanya, selesai satu kasus akan muncul kasus yang lain. Kalau boleh jujur para CL juga lelah, mereka ingin istirahat tapi tak bisa. Jiwa mereka terpanggil untuk menolong, lalu bagaiamana kalau orang-orang seperti mereka harus terpaksa istirahat? Apakah ada yang menggantikan? Adakah regenerasi? Yang bisa menjawab hanyalah kita sendiri bukan orang lain.
Bisakah kita membantu mereka meskipun kita bukan CL? Bisa, bisa banget. Menolong kucing bukan berarti kita harus memeliharanya di rumah. Banyak yang bisa kita lakukan untuk menolong kucing-kucing kurang beruntung ini.
1.       Street feeding.
Memberi makan pada mereka yang kita temui, bila mereka memiliki titik kumpul bisa saja makanan itu diletakkan di lokasi mereka sering berkumpul karena saat tahu di situ ada makanan kucing-kucing itu akan menghampiri. Ini sangat membantu mereka menghindari kelaparan yang berakibat mencuri lalu dipukul, ditendang ataupun perlakuan tidak enak lainnya.
2.       Pengobatan.
Ah, aku tidak mau piara kok malah diminta mengobati sih?
Tidak semua kucing sakit harus dirawat di rumah. Idealnya memang harus dalam pengawasan kita untuk memudahkan memantau perkembangannya, tapi ada beberapa penyakit yang dalam masa pengobatan pun dia bisa bebas.
Contoh jamur atau scabies. Bila kondisinya tidak terlalu parah bisa saja setelah menerima pengobatan dari vet dia dilepas kemudian ditangkap beberapa hari kemudian untuk pengulangan. Kucing-kucing seperti ini biasanya ada di pasar, mereka tidak pergi terlalu jauh jadi memudahkan kita untuk menangkap lagi untuk pengulangan pengobatan. Dengan begitu kita bisa mengobati tanpa harus membawanya pulang.
3.       Donasi.
Bila kita tidak memiliki waktu banyak, kita bisa berdonasi untuk kucing-kucing yang membutuhkan. Donasi ini bisa melalui komunitas atau rescuer independen. Biasanya kasus-kasus yang ditangani mereka upload di sosial media beserta update-nya. Kita bisa memilih komunitas atau rescuer yang kita percaya.
4.       Steril.
Ini adalah kegiatan yang cukup dilakukan sekali seumur hidup kucing tapi bermanfaat sepanjang hayatnya. Dengan steril kita tidak hanya membantu mengontrol populasi tapi juga meningkatkan kesejahteraan si kucing. Setelah steril kucing jadi lebih kalem jadi secara emosi lebih terkontrol dan mereka tidak gampang berantem apalagi dalam urusan mencari pasangan. Populasi juga menurun sehingga persaingan dalam mencari makanan pun lebih sehat.
Untuk steril khusus kucing liar biasanya beberapa komunitas Pecinta Kucing mengadakan baksos atau steril bersubsidi sehingga biayanya lebih murah dan terjangkau.
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menolong kucing tak beruntung ini, bahkan meski kita tak bisa memeliharanya sekalipun.



You Might Also Like

6 komentar

  1. aku gak gitu suka kucing karena sering ribut di genteng rumahku dan bikin genteng bergeser dan bikin kotor terasku denagn tinjanya

    BalasHapus
  2. Tidak suka tidak apa-apa, asal tidak menganiaya

    BalasHapus
  3. Aku pecinta kucing. Awalnya cuma pelihara seekor dan sekarang berkembang biak sampai nyaris 10 ekor. Kewalahan sendiri memang tapi kok ga tega melepas mereka mandiri yah :(. Pelan-pelan mulai dibiasakan cari makan sendiri sambil tetep dipantau n dikasih makan kalo mereka balik ke rumah. Tindakan steril memang solusi untuk menekan populasinya yang cepet banget berkembang ya :).

    BalasHapus
  4. Dulu aku jg gak tega, sekarang perlahan belajar melepaskan mrk yg sdh sehat & mandiri agar bisa memberi ruang bagi rescuean baru yg biasanya lbh membutuhkan pertolongan. Steril memang satu²-nya cara utk menekan populasi.

    BalasHapus
  5. Kucing liarnya sehat dan bersihhhh banget

    BalasHapus
  6. iya, dia kucing liar di kantor yg sudah steril :)

    BalasHapus

Pengikut