Mudik Asyik Bareng Mbak Pathy

11.22


Mudik bareng anak kaki 4 bagi cat lover, sepertinya impian karena tidak semua bisa terutama yang menggunakan motor. Selain ribet dan rentan stres, kita sebagai owner betul-betul harus paham kondisi mereka.
Pengalaman seru tahun ini, mudik bareng Mbak Pathy - kucing tertua di Pathy House Of Sweetheart. Dari dua minggu sebelum mudik, Pathy sudah stres duluan apalagi dia tahu bakal ditinggal mamanya selama 4 hari. Badannya tiba-tiba panas dan turun bila dia minum obat. Akan panas lagi saat obat dihentikan. Nafsu makan berkurang drastis. Jadi lebih manja, tidur maunya sama mama padahal sebelumnya lebih suka tidur di box-nya sendiri.
Saat hari H, stresnya meningkat. Ngeliat mamanya packing dia lari ke belakang dan diare. Bentuknya sudah sangat cair dan dia mulai lemas. Selaput mata mulai naik hampir menutup seluruh bagian mata. Sebagai owner kita harus waspada dengan kondisi seperti ini.
Hari itu saya memutuskan Pathy boleh ikut mudik karena kalau ditinggal khawatir dia kenapa-napa. Saat di Kasi tahu boleh ikut air mukanya berubah, selaput matanya perlahan turun dan mulai bisa mengangkat kepalanya. Saya telpon vet langganan yang kebetulan sudah bersiap mau keluar rumah karena memang hari itu hari minggu. Alhamdulillah, bersedia menunggu saya sampai di rumahnya.
Sampai disana, Pathy pun diperiksa dan semua dinyatakan normal. Memang saat tiba di rumah vet kondisinya jauh lebih baik hanya sangat manja.
"Dia hanya stres aja mbak karena mau ditinggal, setelah tahu diijinkan ikut dia senang dan ini membantu memulihkan kondisinya" kata Bu Iik, vet langganan Mbak Pathy.
"Iya Bu, tapi aman kan untuk perjalanan selama 6 jam?" tanyaku sedikit khawatir.
"Aman Mbak Anas. Untuk jaga-jaga saya kasih obat penenang dan vitamin ya.".
Jadilah si Pathy diinjeksi keduanya. Setelah itu langsung masuk pet carrier dan bersiap dengan perjalanan jauh.
Supaya lancar di perjalanan apalagi menggunakan motor ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Gunakan pet cargo atau pet carrier yang cukup longgar. Selain agar dia leluasa bergerak juga untuk memperlancar sirkulasi udara.
2. Gunakan kain adem sebagai alas. Jaga-jaga bila cuaca gerah, kain adem ini bisa sedikit membantu untuk mengatasi.
3. Sebelum berangkat usahakan ke vet untuk memastikan apakah kondisinya aman untuk perjalanan jauh.
4. Seringlah berhenti untuk istirahat. Keluarkan pet dari tempatnya untuk jalan-jalan, makan dan minum. Bila naik kendaraan umum dan tidak mungkin berhenti cukup keluarkan dari tempatnya saja.
5. Bawakan makanan kesukaannya. Stres karena perjalanan bisa membuat mereka malas makan.
6. Bawa mainan kesukaannya bila ada untuk hiburan sepanjang perjalanan.
7. Jangan lupa bawa vitamin untuk menjaga staminanya.
Perjalanan jauh bareng Pathy sebenarnya bukan yang pertama. Dia sudah beberapa kali diajak mudik, meski begitu tetap harus dengan persiapan yang matang.
posted from Bloggeroid

You Might Also Like

4 komentar

  1. woowww, kayak anak sendiri ya, saking sayangnya sama hewan peliharaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa iya mbak, kl mereka sakit akunya juga panik

      Hapus
  2. Saya juga punya mbak hewan piaraan kucing dirumah dan saya juga sama hewan piaraan saya karena sudah saya anggap sebagai salah satu anggota keluarga juga,a

    BalasHapus
  3. iya kang, mereka sudah jadi keluarga saya juga :)

    BalasHapus

Pengikut