Blitar dan Lokasi Wisatanya

20.55

Blitar, salah satu Kota yang berlokasi di Jawa Timur dan memiliki jarak kurang lebih 167 km jika ditempuh dari Surabaya dan 80 km dari Kota Malang ini memiliki banyak sekali lokasi wisata yang bisa Anda explore lebih jauh. Biarpun Kota Blitar tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan Kota Malang nyatanya ada saja setiap sudut kota yang bisa Anda jelajahi mulai dari wisata pantai, wisata alam sampai dengan wisata sejarah pun ada di Blitar.

Berikut beberapa lokasi wisata Blitar yang bisa menjadi referensi Anda ketika berada di Blitar:

Gunung Butak
Gunung Butak,  salah satu gunung yang masuk dalam kategori Stratovolcano ini secara administratif masuk dalam perbatasan antara Malang dan Kabupaten Blitar. Meskipun jarang dikenal, Gunung Butak memiliki pemandangan yang indah.

Untuk bisa sampai di Puncak Gunung Butak, salah satu jalur favorit yang biasa dilalui oleh para pendaki adalah Sirah Kencang. Selama perjalanan menuju puncak Butak, para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan kebun teh yang terhampar sangat indah.

sumber foto: infopendaki.com

Pantai Tambakrejo
Setelah menaiki gunung kita lanjut turun untuk membahas pantai yang paling dikenal di Blitar. Pantai Tambakrejo, pantai yang sangat populer di Blitar ini dikenal memiliki pemandangan pasir putih yang indah dipadu dengan birunya laut luas. Terlebih ombak Pantai Tambakrejo relatif tenang, sehingga para pengunjung tidak hanya sekedar menikmati pemandangan yang indah tapi juga bisa sambil bermain dan berenang di pantai bersama rekan atau keluarga kita.

Pantai yang jarang sekali sepi oleh pengunjung ini berjarak sekita 45 menit sampai satu jam atau dengan menempuh 30 km dari Kota Blitar. Jika kita datang di pagi hari, akan kita jumpai para nelayan yang telah pulang dari perburuan mereka sambil membawa hasil tangkapan, kita dapat membeli ikan langsung sekaligus menyantapnya setelah dibakar di pinggiran Pantai Tambakrejo. 

sumber foto: infojalanjalan.com

Pantai Gedong Mayit
Sesaat ketika mendengar pantai ini seringkali terbesit kesan menyeramkan. Bukan tanpa alasan, penamaan pantai dengan nama mayit yang menjadikannya memiliki kesan tersebut. Padahal jika kita  mengunjungi Pantai Gedong Mayit, kesan tersebut akan hilang dan berganti menjad cerita tentang keindahan, dengan pasir berwarna hitam dan ombak yang relatif tinggi.

Jika di bandingkan dengan Pantai Tambakrejo, Pantai Gedong Mayit memang bukan lokasi yang pas untuk berenang di pantai, namun dari view yang disajikan berupa keberadaan bukit-bukit hijau yang indah ditambah jika cuaca cerah, Anda akan mendapatkan keindahan hasil dari perpaduan hijaunya perbukitan dengan indah nya langit biru. Bagi Anda yang menyukai wisata dengan momen ketenangan maka pantai ini bisa menjadi referensi.

Air Terjun Coban Wilis dan Air Terjun Grenjeng
Selain kekayaan akan pantainya, Blitar juga memiliki lokasi wisata lain yang harus kita kunjungi, yaitu wisata air terjun, dua di antaranya akan kita bahas. Yang pertama, Air tejun Coban Wilis. Berlokasi di kawasan Gunung Kelud atau tepatnya di kampung wisata Ekologis Semen Gandusari, air terjun ini cenderung sulit untuk dicapai. Dengan berjalan kaki melewati 5 bukit atau sekitar perjalanan 2 jam barulah kita dapat menikmati pemandangan indahnya.

Yang kedua Air Terjun Grenjeng. Memiliki lokasi yang tersembunyi, air terjun ini tergolong masih sepi dari pengunjung. Namun jangan ditanya soal keindahannya, berpenampilan tebing brekasi hitam yang kokoh, dengan kucuran air yang kencang, kita bisa menikmatinya sambil berenang di air yang jernih dan dingin, dijamin lelah semua akan terbayar.

sumber foto: nyambicrito.wordpress

Makam Bung Karno
Salah satu wisata sejarah yang menarik di Blitar adalah Makam Bung Karno. Presiden Indonesia yang pertama ini disemayamkan dalam bangunan berbentuk joglo khas Jawa dengan komplek pemakaman yang luas.  Di dalamnya terdapat perpustakaan umum yang mayoritas buku bukunya berisi hasil karya Bung Karno.

Yang tak kalah menarik, ada juga Museum Bung Karno berisi barang-barang peninggalannya selama masa hidupnya.  Artinya Anda bisa lebih dalam mengenal bapak prsiden pertama kita dengan berwisata sejarah ke komplek pemakamannya.

Oke traveler, itulah beberapa lokasi wisata di Blitar yang bisa Anda nikmati, untuk informasi penginapan di Blitar, Anda bisa coba melihatnya lewat aplikasi Traveloka.
  
Selamat menikmati kota Blitar!


You Might Also Like

10 komentar

  1. waah lengkap ternyata ya wisatanya mulai dr gunung, pantai, air terjun smp wisata sejarah

    BalasHapus
  2. iya, makanya kalo ke Blitar gak bisa sebentar

    BalasHapus
  3. lo ternyata di blitar banyak tempat wisata ya. baru tau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeee si emak satu ini, ayok ke Blitar hahaha

      Hapus
  4. wah blitar punya banyak spot keren ternyata..

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata Blitar punya pantai ya.
    Duh, kudet saya, kupikir hanya ada wisata pegunungan dan air terjun aja.
    Pantainya bersih pulaaa, sukaaa

    BalasHapus
  6. pantainya banyak yg belum terekspose juga mbak, jalan ke wisata pegunungannya jg msh perawan

    BalasHapus

Pengikut