BLOGGER NGUMPUL FOOD ENTHUSIAST MIX SAKUKU, SERU DAN CRIPSY!

20.31


Seseruan dengan teman-teman blogger itu memang selalu asyik, nggak peduli sudah kenal sebelumnya atau malah baru pertama kali ketemu. Kuncinya pede aja kali. Yes, itu juga sih yang membawa kaki ini melangkah ke Semarang 2 hari yang lalu. Niat banget ciiinnn … jauh-jauh dari Surabaya datang ke Semarang untuk Ngobrol Bareng Blogger Semarang yang kali ini menggandeng BCA sebagai partner.
Datang paling awal, panitia aja masih menata meja dan kursi di Nestcology. Haha,nggak sekalian bantuin gitu mbak? Panitia sangat sigap dan langsung mengarahkan ke lobby agar mereka bisa melanjutkan ugas yang belum selesai dan kita bisa menunggu dengan nyaman. 

Interior di Nestcology, Jl. Tambora 5A Semarang ini cukup unik. Dari luar terlihat angker karena semua didominasi warna hitam dan coklat gelap. Udah gitu bangunannya semacam ada di bawah lembah karena agak menjorog ke dalam. Dari atas terlihat seperti rumah kayu dari suku-suku yang tinggal di pedalaman gitu. Pas masuk ke dalam, wessss …. romantis ciiinn. Lampunya temaram dengan furniture kayu yang simple but elegan. Bunga-bunga yang menghiasi meja pun sederhana tapi tetap anggun. Area dalamnya ternyata cukup luas dan memberikan pemandangan kota Semarang yang leluasa. Yah, tempatnya memang menjorog ke bawah tapi ternyata di tempat ini kita bisa menyaksikan Semarang dari atas. Saat malam tiba, kelap-kelip lampunya seperti kunang-kunang yang bertaburan di tengah kota. Ah sumpah! Baper saya, pengen kesini lagi tapi nggak mau sendiri. Sama kamu yes?

Waktunya registrasi pun dibuka. Salut sama Blogger Semarang, mereka datang on time. Sekumpulan ibu-ibu berjajar rapi menuliskan identitas mereka lalu saling berakrab ria dengan yang sudah datang. Saya yang notabene hanya mengenal mereka via sosmed sebelumnya pun bisa langsung melebur seolah kami sudah lama mengenal. Faktanya blogger Semarang ini banyak yang memiliki profesi lain selain blogger, meksi begitu blog mereka rutin update!


Acara dimulai dengan menghadirkan Nuno Orange yang ternyata selain penyiar juga seorang food enthusiast. Ini sebuah profesi yang bermula dari hobby makan yang dibayar dan biasanya dimanfaatkan oleh restoran, café maupun hotel untuk promosi menu mereka. Sama kan dengan blogger. Jadi buat kamu yang hobby nulis, buruan gih bikin blog. Tulis apa saja yang kamu sukai dan sebarkan. Biarkan waktu yang akan menentukan kamu termasuk kategori blogger apa. Ciyeeeee….

Ada beberapa tips dari Nuno untuk menjadi seorang Food Enthusiast antara lain:
1.  Keluar modal tapi nggak harus mahal
Iya, kamu bisa memulai dengan mencoba makanan yang murah meriah di sekitarmu. Nggak harus di resto mahal. Sedikit demi sedikit sambil mengasah kepiawaian.
2. Cari temen, tanggung renteng.
Kalau makan jangan sendirian, ajak temen untuk makan bareng, pesen menunya harus beda biar bisa saling incip. Semakin banyak temen makin banyak yang iuran dan biaya yang dikeluarkan pun makin murah.
3. Belajar teknis tentang makanan.
Ini perlu sebagai bahan tambahan jadi caption di fotomu bukan sekedar makanan ini enak atau nggak, mahal atau murah tapi kamu juga bisa menuliskan bagaimana makanan ini dibuat. Ya meskipun followermu tidak langsung ingin membuatnya sendiri minimal mereka bisa membayangkan proses makanan ini dari bahan hingga siap disantap.
4. Berusaha obyektif dan jujur.
Bukan berarti karena kamu dibayar untuk meng-endorse sebuah makanan lantas kamu selalu bilang makanan ini enak dan harus dicoba. No! Lidah tiap orang berbeda ada yang suka manis, ada yang suka asin dan sebagainya. Sebaiknya memberikan penilaian yang obyektif dan jujur, bahkan andaikata makanan itu tidak enak sekalipun kita harus bisa menyampaikan dengan kalimat yang menarik tanpa berusaha menjatuhkan.
5. Latihan fotografi untuk mendapatkan gambar yang menarik.
Diakui atau tidak gambar yang menarik bisa membuat orang bertahan untuk membaca postinganmu dengan tuntas. Dengan begitu mereka akan mendapatkan informasi yang lengkap atas semua yang sudah kamu review.


Puas sharing tentang food enthusiast, panitia melanjutkan dengan nara sumber yang nggak kalah seru. Kali ini berhubungan dengan duit, ahay siapa sih yang nggak tertarik dengan duit? Bo’ong deh kalau bilang nggak.

Yap, dari BCA ada bapak Amin Laurent yang akan sharing tentang aplikasi Sakuku. Sering baca ini di ATM tapi nggak ngerti untuk apa, dan sekarang jadi tahu apa itu Sakuku dan bagaimana cara menggunakannya. Nggak rugi dong jauh-jauh dari Surabaya ke Semarang dapat info menarik dan ketemu nara sumber kece …. #hayah!

Sakuku adalah dompet elektronik yang menggunakan nomor hape sebagai accont dan bisa didownload dari play store maupun app store. Eh, aku sudah download loh, tapi belum diisi. Hiks!

Ada banyak fitur di aplikasi Sakuku ini seperti Bayar Belanja, Isi Pulsa, Transfer, Split Bill, Tarik Tunai dan Kontak. Masing-masing fitur memiliki fungsi berbeda.
1. Bayar belanja, di sini kita bisa membayar barang belanjaan kita dengan uang yang ada di Sakuku, tentu saja toko atau tempat belanja ini juga harus menggunakan aplikasi ini. Kita bisa belanja dengan Sakuku di toko atau merchant yang memiliki logo Sakuku.
2. Isi pulsa, sekarang nggak perlu ribet harus ke toko atau agen pulsa. Kita bisa mengisi pulsa kita sendiri, teman dan keluarga dengan aplikasi ini.
3. Transfer, kita bisa transfer uang ke rekening lain dengan menggunakan saldo di Sakuku jadi tidak harus dari rekening. Transfer uang ini bisa dilakukan ke rekening lain meskipun dia belum menggunakan aplikasi Sakuku. Tjakep kan …???
4. Split Bill, nah ini fitur yang bisa digunakan guna menunjang keasyikan saat hang out bareng temen. Meski nggak ada duit di dompet asal ada Sakuku semua bisa teratasi. Bila tagihan bill yang keluar besar dan kamu perlu membagi pembayaran dengan gengmu gunakan saja menu ini dan akan membagi secara otomatis berapa yang harus dibayar oleh masing-masing. Gampang kan, hang out tetep asyik kantong nggak kempes.
5. Tarik tunai, di Sakuku ada menu tarik tunainya juga. Jadi kalau butuh uang tunai bisa narik dari saldo Sakuku.
6. Kontak. Yess di menu ini kita bisa tahu siapa temen kita di phonebook yang menggunakan aplikasi Sakuku.

Seru kan? Ngobrol sama blogger itu nggak ada ruginya, kalaupun nggak dapat ilmu yang kamu inginkan minimal bisa nambah temen dan menjalin silahturahmi. Silahturahmi itu bisa mendatangkan rejeki. Eh, buat yang belum punya Sakuku, buruan download aplikasinya dan dapatkan promo menarik.




You Might Also Like

0 komentar

Pengikut