YANG DIKANGENI DARI MASA KECIL

00.26

Persahabatan masa kecil. Sumber foto : google
Masa kecil itu kalau diinget-inget banyak banget kejadian lucu-lucu bahkan dari hal-hal yang sangat sederhana sekalipun. Saat kami masih cupu-cupunya dan bermain hanya bermodalkan apa yang ada di sekitar. Banyak permainan yang membuat kita berinteraksi langsung satu sama lain.
Permainan tradisional boleh jadi dibilang kuno saat ini, tapi dari permainan ini banyak pelajaran yang didapat mulai dari toleransi, tenggang rasa bahkan empati dapat dibangun dari permainan-permainan ini. Tinggal di desa yang minim fasilitas internet bukan berarti sepi justru kami bisa menciptakan kebersamaan yang sesungguhnya.
Ini hal-hal yang dilakuin di masa kecil dan selalu bikin kangen:
1. Main bareng sepulang sekolah.
Pulang sekolah setelah makan siang sambil menunggu matahari agak teduh biasanya tidur siang. Nggak lama, sekitar satu jam-an. Setelah itu kami bakal nyamperin rumah temen yang sudah diajak janjian main sepulang sekolah, atau bisa langsung ngumpul di lapangan atau rumah temen yang biasa dipakai base camp.
2.  Makan bareng di rumah temen.
Makan bareng adalah kebiasaan yang selalu kami lakukan tak peduli meski di rumah sudah makan. Biasanya pas main di rumah temen, orang tua mereka menyiapkan makanan dan menawarkannya pada kami dan selalu habis banyak meski dengan menu sederhana seperti lodeh nangka muda.
Yang paling unik adalah minumnya, tak jarang kami minum dari air kendi. Ups, segernya bukan main dan satu kendi yang disuguhkan bisa habis. Setelahnya baru main lagi.
3. Berkunjung ke rumah orang-orang tua.
Kebetulan di desa tempat tinggalku ada beberapa orang tua yang mereka tinggal sebatang kara, entah karena memang tidak memiliki kerabat atau karena anaknya pergi merantau. Beberapa hari sekali biasanya kami berkunjung ke rumahnya sekedar main aja. Kadang kami bertemu dengan orang-orang seperti ini saat mereka mencari kayu bakar atau rumput untuk ternaknya. Kami pun membantunya sambil bercerita ngalor-ngidul.
4. Main masak-masakan.
Ini mainan yang paling aku suka. Biasanya dilaksanakan hari minggu setelah beberapa hari sebelumnya direncanakan. Yang dimasak adalah sayur-mayur yang bisa dipetik di sekitar rumah atau umbi-umbian. Peralatan dibawa dari rumah, masing-masing anak kebagian harus bawa apa. Lokasi memasak biasanya kita pilih di kebun dan kami pun membuat tungku dari tumpukan bata. Udah kayak kemah gitu pokoknya. Soal rasa, jangan ditanya. Rasanya nggak jelas asin, manis, asem semua jadi satu. Amburadul pokoknya. Anehnya semua makanan itu habis, haha. Iya, nggak mau rugi udah capek-capek masak nggak dihabisin. Dari sini aku jadi lebih menghargai masakan ibu, rasanya sayang banget sudah capek-capek dimasakin eh nggak makan. Padahal kalau masak sendiri kacau rasanya tapi habis.


You Might Also Like

8 komentar

  1. Masa kecil itu memang masa paling bahagia
    Gak ada beban dan benar2 ngerasain bahagia itu sederhana
    Ah jadi ikutan kangen dan mengenang masa kecil jadinya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita udah dewasa semua ya, jadi kangennya masa kecil wkkwkwk

      Hapus
  2. Saya kangen diajak jalan2 ortu. Sekarang ngajak jalan2 anak, berasa repotnya...hiks.

    Dan yang paling ga kangen dari masa kecil, adalah nonton Doraemon tiap minggu pagi. Karena ampe sekarang masih bisa, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha mas Omali, anaknya diajak nonton Doraemon aja ....

      Hapus
  3. kangen main bekel, kangen main di sawah, kangen main lompat tali, waaah pokok ya banyak deh kangennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kangen dapat angpao kl pas lebaran ahahhaha

      Hapus
  4. Aku juga kangen masa kecil huhuhu.
    Tapi anak-anak jaman sekarang kayaknya udah beda ya mbak, gak kayak jaman kita kecil dulu :D

    BalasHapus
  5. Jaman sekarang kayaknya jarang ya mbak,ga kayak jaman dulu, karena sekarang kebanyakan lebih seneng maen gadget

    BalasHapus

Pengikut