SUPPORT DIRI SENDIRI UNTUK BANGKIT DARI KETERPURUKAN

23.35


Ada kalanya kita perlu mengijinkan hati untuk bersedih agar tidak lupa diri saat bahagia. Namun berlarut dalam kesedihan terlalu lama juga tidak baik untuk raga dan rohani kita. Meski tak bisa dipungkiri untuk bangkit kita butuh support dan keberanian. Support dari lingkungan dan orang-orang terdekat, sementara keberanian hanya kita yang mampu membangkitkannya.

Beruntunglah yang memiliki orang-orang yang selalu mendukung tapi bukan berarti bagi kamu yang sendiri support itu tak bisa didapat. Tetap bisa. Banyak hal yang bisa kita jadikan support agar kita mampu bangkit dari keterpurukan.

Kita semua pasti punya orang terdekat, baik teman atau keluarga. Kalau kamu bilang nggak, coba hitung lagi dari sekian orang yang kamu kenal dan mengenalmu ambil salah satu nama yang menurutmu paling nyaman.

Saat merasa jatuh, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bangkit lagi:
  1. Menangis. Ijinkan dirimu bersedih karena ini adalah reaksi yang wajar saat kita menerima musibah. Jangan memaksakan diri untuk kuat atau terlihat kuat. Sedih boleh, tapi tidak boleh berlarut-larut.
  2. Istighfar. Kita semua tahu apapun yang terjadi pada kita adalah semua atas ijin-Nya. Istighfar, minta perlindungan pada-Nya agar dijauhkan dari bahaya dan celaka. Berdoa semoga dikuatkan.
  3. Hubungi orang terdekat. Curhat, iya kita bisa mengadu pada orang yang kita percaya. Sekedar cerita untuk menurunkan beban.
  4. Ingat kekurangan kita. Ini agar kita sadar bahwa sebagai manusia ada kalanya kita terlalu sombong dengan yang sudah kita miliki sehingga kita lupa untuk waspada. Faktanya, bahaya atau celaka sangat dekat dan kita mengabaikan. Hasilnya kita pun terjatuh.
  5. Bersyukur. Susah pasti tapi ini justru untuk membangkitkan semangat, kenapa? Karena dengan tetap bersyukur secara tidak langsung kita akan mengingat lagi kebaikan yang diterima dan hingga saat ini kita masih diberi kekuatan.
  6. Buat rencana ke depan. Iya hidup kita bukan hari ini saja, ada hari esok, lusa dan yang akan datang. Bila kita terus-menerus meratapi kesedihan hari ini kita akan lupa bahwa esok masih ada harapan. Masih ada mimpi kita yang bisa diwujudkan. Tentu saja dengan berusaha bukan berdiam diri. Segera buat rencana untuk hari esok dan sibukkan diri dengan usaha mewujudkan rencana itu agar kesedihan itu terbenam dan kita bisa bangkit lagi.

You Might Also Like

14 komentar

  1. Blognya penuh motivasi :) Selain support diri sendiri, support dari orang-orang terdekat juga membuat kita tetep bisa berdiri tegak! :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih, telah menyemangati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ... Semangat terus ya ...

      Hapus
  3. aku seringnya dibawa tidur, bangun tidur biasanay jadi lbh tenag dan bisa mikir dg baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, jangan sampai karena sedih malah lalai dg kesehatan

      Hapus
  4. Jarang curhat ke org sih, tapi ngeluh ke TUhan sering hehe

    BalasHapus
  5. Makasih sharingnya, memang yg paling utama itu diri kita mau apa ga bangkit saat terpuruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul karena kita yg paling tahu siapa dan bagaimana kita

      Hapus
  6. Satu hal yang mesti saya ingat kalau lagi punya kesedihan yang mendalam, Tuhan nggak pernah salah tulis alur hidup saya :)

    BalasHapus

Pengikut