BEBEK IKON KULINER SURABAYA

20.59

Selama orang masih membutuhkan makan, yang namanya bisnis kuliner akan tetap bisa berjalan, semua tergantung bagaimana pebisnis untuk memodifikasi menunya sehingga lebih menarik dan beda dengan yang lain. Inovasi sangat dibutuhkan di sektor kuliner karena kuliner termasuk industry kreatif yang sudah memiliki pasar tersendiri baik di Indonesia maupun international.


Sektor kuliner sendiri meliputi pembuatan kuliner khas daerah dan juga pemasaran produk khas daerah di indonesia. Sektor kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini. karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan. Contoh yang paling banyak ditemui di Surabaya adalah Kuliner Bebek.

Bebek Sinjay. Foto by tripadvisor.com

Dari seekor bebek, para penggiat kuliner mampu menciptakan banyak kreasi dan dari hasil karya mereka serta didukung pecinta makanan berbahan dasar unggas yang satu ini mampu menciptakan Surabaya menjadi surganya penggemar makan bebek.

Bisa dilihat dari banyaknya tempat makan yang menyajikan bebek di menu andalannya, dan dari hasil hunting beberpa waktu terakhir setidaknya saya bisa menemukan ada sedikitnya 22 resto yang menyajikan makanan favorit banyak orang ini, salah satunya :

1. Bebek Harissa
Bebek Harissa berdiri mulai 2013, resto ini menyajikan bebek yang digoreng dengan sajian rempah di atasnya. Dibandingkan tempat lain resto yang satu ini memiliki banyak ragam menu. Bagi penggemar pedas bisa memilih menu bebek goreng cabai Thailand yang satu porsinya mengandung 50 cabe rawit. Wow …. kebayang kan pedesnya bisa bikin bibir gemetar.
Ada 10 cabang Bebek Goreng Harissa yang bisa ditemui di Surabaya, yang paling gampang dituju di JX International yang ada di Jl. Ahmad Yani, transportasinya gampang dan berada di tempat yang parkirnya juga luas. Bisa juga ke Jl. Soekarno 553 Surabaya.

Bebek Harissa. Foto by hellosurabaya.com

2. Bebek Palupi
Ada di Jl. Rungkut Asri Tengah 10 Surabaya
Bebek yang disajikan cukup besar dan digoreng kering jadi renyah. Kalau kalian kurang suka bebek bisa juga memilih menu lain seperti lele dan ayam.

3. Bebek Tumapel
Berlokasi di Jl. Tumapel tepatnya belakang SD Santa Maria.

4. Bebek Goreng 36
Jl. Ruko Mulyosari Tengah 5/2G Surabaya.

5.  Bebek Karang Empat (HT)
Di Jl. Karang Empat Besar 24 Surabaya. 

6.  Bebek Pak Qomar
Ada di Jl. Lontar no. 16 dekat dengan Supermall yang merupakan mall terbesar di Surabaya Barat.

7.  Bebek Pak Janggut
Ada dua tempat kalau mau nyobain Bebek Pak Janggut, yang pertama ada di Jl. Kusuma Bangsa 32 dekat dengan Hi-Tech Mall da nada di Pakuwon Trade Center (PTC) lantai UG/E6/12.

8. Bebek Sinjay
Bebek asli Madura ini sekarang sudah bisa ditemui di Surabaya, salah satunya ada di Ruko Grand Ahmad Yani Blok K No. 151 dan di Kaza City lantai 3 Blok B No. 5 di daerah Kapas Krampung – Surabaya. Yang jadi ciri khas bebek sinjay adalah sambalnya menggunakan manga muda atau pencit.

9. Bebek H. Slamet
Jl. Taman Darmo Permai Timur – Surabaya.

Bebek H. Slamet. Foto by foody.id

10.Bebek Cak Yudi
Di jl. Tanjung Torawitan No. 39, keistimewaan dari hidangan di warung ini adalah daging yang disajikan terasa empuk dan lembut. Dilengkapi dengan rasa asam, asin, dan pedas dari sambal pencitnya yang khas.

11. Bebek Tugu Pahlawan
Sesuai namanya tempatnya ada di seberang Tugu Pahlawan yang jadi ikon kota Surabaya. Keunikan bebek ini dibanding tempat lain adalah bebek yang digoreng kering dan tambahan sambal koreknya serta taburan serundeng.

12. Bebek Wahid Hasyim
Berlokasi di jl. Jemursari, belok kiri traffic light bunderan Dolog. Bebeknya digoreng tidak terlalu kering dengan ciri khas bumbu berwarna kuning.

13. Bebek Donal
Di Jl. Kedungdoro No. 71, dengan tekstur daging yang kering di luar tapi sangat lembut di dalam dengan rempah yang meresap dengan baik. Semakin terasa istimewa ketika disantap bersama bumbu kuning dan sambal yang khas, membuat ketagihan siapa saja.

14. Bebek Goreng Tandon Air
Berada di Jl. Raya Pakis Surabaya tepatnya di sebelah tendon air raksasa PDAM makanya lebih dikenal dengan Bebek Goreng Tandon Air. Istimewanya lagi bumbunya sangat meresap dan sambel yang super pedes.

15. Bebek Goreng Kanwa
Berdiri sejak tahu 90-an depot Bebek Goreng Kanwa ada di Jl. Kanwa, jalan ini merupakan bagian belakang jalan Diponegoro yang mengarah ke Kembang Kuning. Penjual bebek goreng Kanwa selalu memberikan sambal yang tidak terlalu banyak karena tidak semua orang suka pedas, jadi untuk Anda penggemar pedas sebaiknya pesan makan di tempat karena dengan begitu bisa mengambil sambal sepuasnya.

16. Bebek Goreng 75
Di Jl. Ngagel Rejo Kidul 46 Surabaya.

17. Bebek Goreng Nyamplungan
Yang digunakan adalah anakan bebek sehingga dagingnya pun empuk dan krenyes. Ada di daerah Ampel tepatnya depan gang masuk makam Sunan Ampel Surabaya.

18. Bebek Asli Trenggalek
Terletak di emperan toko Dunlop Jl. Dharmahusada Surabaya dengan menu andalan bebek krengsengan.

19. Bebek Sambal Pencit Jawara
Beralamat di Jl. Dharmahusada, deretan seberang Resto Bu Rudy.

20. Bebek Canggih Jalan Nias
Ada di Jl. Nias Surabaya.

21. Bebek Kayu Tangan
Sajian bebeknya yang diolah dengan bumbu khas meresap hingga ke dalam. Begitu dikunyah dagingnya terasa sangat empuk sampai ke tulang. Ada di Jl. Bratang Gede No. 68 Surabaya. 

22. Bebek Purnama
Merupakan warung bebek yang memiliki cabang paling banyak di Surabaya karena hampir semua kedai selalu menuliskan cabang Purnama di spanduknya, tapi kalau ingin tahu yang asli kita bisa datang di bekas Bioskop Purnama samping Pangsit Gajah Mada. Bebek disini digoreng kering dengan bumbu yang khas. Disajikan bersama taburan serundeng gurih serta sambal pedas yang mantap

Bebek Purnama. Foto by Surabaya Foodies

Pemerintah Surabaya pun tak kehilangan akal untuk mewadahi para penggiat kuliner bebek baik dari sisi pedagang maupun konsumen dimana setiap ulang tahun kota Surabaya, pemerintah kota selalu menggelar Festival Kuliner Surabaya. Nah saat seperti inilah menjadi kesempatan bagi pedagang maupun pemburu makanan untuk berburu kuliner bebek dan kuliner lainnya dalam satu lokasi.

Astra sebagai perusahaan besar dan memiliki banyak karyawan dengan cabang yang telah tersebar luas di seluruh Indonesia tak terkecuali Surabaya telah banyak membantu berkembangnya industri kreatif sektor kuliner ini. Tak sedikit dari penggiat bisnis kuliner ini mengembangkan usahanya dengan baik model food truck serta melayani delivery order. Ini dilakukan agar mereka bisa melayani konsumen baik yang langsung ke gerai maupun memesan melalui telpon dan online.


www.astra.co.id

You Might Also Like

3 komentar

  1. Gosh.... Aku pgn coba yg bebek harisa, tp baca 50 cabe kok keder ya mbaaa wkwkwkwkwk... Aku suka bgt pedes sih, tp ga yakin sanggub kalo 50 cabe :p. Tapi penasaraaannn.. Sayang jauh banget :(

    BalasHapus
  2. Wah, enak banget ini. Saya belum pernah coba bebek bakar begini :)

    BalasHapus
  3. Duh, aku penggemar berat bebek niih. Kayaknya mesti nyoba ini kalo ke surabaya !

    BalasHapus

Pengikut