Bahaya Menahan Kencing

21.23

Sering menahan kencing bisa mengakibatkan infeski saluran kemih
Foto : keseringan.com
Pernah nggak nahan kencing sampai hampir pingsan? Saya pernah lho, ini gara-gara pas ada hasrat mau buang air kecil lalu nyari toilet nggak nemu-nemu. Akhirnya memang bisa nahan tapi ini sebenarnya nggak bagus karena bisa menimbulkan keluhan lainnya seperti anyang-anyangan. Serius ini nggak nyaman banget, bolak-balik ke kamar mandi tapi yang keluar cuma sedikit, perut jadi begah.

Kata orang dulu mengikat jempol kaki dengan ijuk bisa menyembuhkan anyang-anyangan yang notabene ini bisa menjadi indikator munculnya infeski saluran kemih. Namun sebenarnya ada obat alami untuk penyakit ini yaitu cranberry. Kandungannya seperti vitamin C tinggi, serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol. Buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Semua yang terkandung dalam cranberry juga bisa munculnya bakteri E.coli yang menempel di dinding saluran kemih.

Buah cranberry, si kecil yang kaya manfaat
Foto : uricran.co.id

Cranberry memang tidak mudah didapatkan buahnya karena tidak bisa tumbuh di setiap daerah di Indonesia. Namun dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, cranberry saat ini sudah bisa diolah sebagai obat alami anyang-anyangan yaitu uricran dan sudah dijual bebas di apotik serta toko obat. Masyrarakat yang menderita infeksi saluran kemih bisa dengan mudah mendapatkannya.

Penyakit anyang-anyangan sendiri lebih banyak diderita oleh kaum hawa daripada pria, setidaknya menurut sebuah penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalaminya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya infeksi saluran kemih, di antaranya:
  1. Sering menahan buang air kecil.
  2. Pakaian dalam yang kotor sehingga dapat mengundang bakteri.
  3. Cara membasuh yang tidak benar saat setelah buang air besar. 
  4. Toilet yang kotor.

Ke empat faktor ini akan memudahkan bakteri E.coli menempel pada dinding saluran kemih sehingga terjadi infeksi. Nah, uricran yang dibuat dari ekstrak cranberry mengandung proantocyanidin mampu menangkap bakteri ini dalam mencegah infeksi. Uricran bagus untuk mengurangi keluhan anyang-anyangan dan tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami.

Uricran, obat alami anyang-anyangan
Foto : Nurul Rahmawati
Kesehatan bagian vital wanita sangat penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya sendiri sangat concern dalam hal ini. Makanya bila terjadi keluhan sedikit saja harus segera diatasi dengan tuntas agar tidak merembet ke yang lain. Selain mencegah infeski saluran kemih, fitonutrien yang ada dalam cranberry bermanfaat mencegah radang kronis akibat tekanan pembuluh darah. Antioksidannya membantu menurunkan resiko naiknya tekanan darah dan kombinasi antiokasidan dengan anti inflamasinya sangat membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total, ini penting untuk kesehatan jantung.

Antioksidan dalam buah cranberry berguna untuk melindungi dan mencegah terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan oksidasi stress. Jangan remehkan yang kecil karena kandungan manfaatnya sangat besar. Nggak ada salahnya sekarang sedia uricran di rumah, bila sewaktu-waktu anyang-anyangan datang bisa segera teratasi. Ada 2 varian, kapsul dan serbuk. Dua-duanya bisa didapat di apotik dekat rumah dan mudah dikonsumsi juga. Jangan tunggu sampai parah, pengobatan dini itu lebih baik.


You Might Also Like

0 komentar

Pengikut