YOUR CARING IS YOUR BLESSING

00.44

Kegiatan baksos steril kucing pasar bersama Dinas Peternakan Sidoarjo
Foto : dokumen pribadi
Banyak jalan menuju Roma. Begitulah kata pepatah yang artinya banyak cara bisa dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan.
Bermula dari keresahan beberapa orang yang sering melihat dan menemukan anak kucing dibuang sementara untuk makan sendiri saja belum bisa apalagi harus cari makan sendiri tanpa induknya. Juga kucing-kucing dewasa tak bertuan yang seringkali mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dan menyakiti mereka padahal si kucing mungkin hanya sekedar lewat tanpa bermaksud mengotori atau mengambil makanan manusia karena sudah tak mampu menahan lapar. Bagi binatang tidak ada istilah mencuri karena mereka juga tidak memiliki apa yang disebut dengan kepunyaan. Semua yang dilakukan murni agar bisa bertahan hidup dan terbebas dari lapar. Namun tidak demikian yang ada di benak manusia apalagi ditambah rasa tidak suka. Tidak heran penderitaan kebanyakan kucing jalanan dan liar lebih banyak disebabkan oleh manusia.
Semua itu membuat kami sepakat untuk membantu agar kucing-kucing ini tak lagi miris nasibnya, meskipun tak semua bisa tertolong minimal ada yang bisa diselamatkan. Sekitar tahun 2014 bersama delapan orang yang lain kami membuat gerakan untuk membantu kucing jalanan dan terlantar di sekitar Surabaya. Dimulai dengan street feeding yaitu memberi makanan kucing liar dan mengadakan baksos steril untuk menekan populasi. Sedangkan untuk kegiatan online kami membuat group facebook “Surabaya – Sidoarjo Peduli Kucing Domestik (S2PKD)”.

Kucing pasar yang beruntung
Foto : dokumen pribadi
Bersyukur saat itu kami banyak mendapat dukungan baik dari dokter hewan, teman dan kolega. Bantuan dengan berbagai bentuk mulai dari keringanan biaya berobat, donasi baik uang maupun perlengkapan lainnya juga support networking sehingga bila kami membutuhkan pertolongan pihak lain di luar komunitas pun masih bisa didapatkan.
Semangat berjuang teman-teman saat itu adalah amunisi bagi saya hingga bisa bertahan sampai sekarang. Masing-masing memiliki keahlian guna mewujudkan visi misi kami, jadi nggak heran bila komunikasi intens terus kami lakukan dalam upaya menolong kucing jalanan. Ada yang terampil merawat anak kucing, ada yang piawai merawat kucing luka. Tak ketinggalan ada juga mencarikan adopter agar mereka tak kembali ke jalanan.
Capek? Jangan ditanya. Ada masa dimana kami semua kurang tidur, makan tak teratur dan desperate karena kasus tak kunjung selesai. Di sisi lain kami juga harus merawat kucing sendiri yang jumlahnya per orang paling sedikit 10 ekor. Tapiiii … demi melihat mereka sehat dan bahagia bersama keluarga barunya, rasa lelah, capek, semua terbayar lunas oleh wajah sumringah kucing-kucing itu. Pengorbanan teman-teman pecinta kucing bukan hanya waktu dan tenaga. Uang dan pikiran pun terkuras. Mereka rela menahan untuk membeli barang-barang kesukaan agar uangnya bisa dipakai membayar pengobatan di klinik. Bahkan sampai ada yang menggadaikan barang, haha untuk yang satu ini saya pernah #curhat.
Namun di balik semua usaha itu, kami semua tak lupa berdoa agar Tuhan memberikan kami kekuatan dan menyadarkan orang-orang untuk tidak menyakiti binatang kesayangan nabi ini. Allah mampu membolak-balikkan hati manusia dan bila sudah berkehendak, niscaya semua akan terjadi atas kuasa-Nya.

Theragran-M, mulitivitamin andalanku
Foto : dokumen pribadi
Saya sendiri agar selalu sehat dan stamina terjaga, selama ini rutin minum vitamin Theragran-M. Apalagi bila habis sakit tubuh kita butuh supplemen untuk memulihkan kondisi dan menjaganya agar selalu fit.
Alhamdulillah memang belum pernah sakit parah, insyaallah jangan ya … Nanti kalau sakit, kucingnya bagaimana…? Saya dan teman-teman satu tim selalu saling mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Bagi yang habis sakit, Theragran-M ini bisa sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan setelah sakit.
Bagaimana kita bisa menolong yang lain kalau kita sendiri butuh disembuhkan. Dan sebaik-baiknya hidup adalah hidup yang bisa memberi manfaat bagi sesame makhluk di bumi ini. Bersyukur hingga sekarang tim ini masih solid dan terus menularkan kebaikan pada yang lain, karena kami sadar semakin hari kami semakin tua, perlu generasi penerus agar tujuan baik kami tercapai. Hidup hanya sebentar maximalkan hidup dengan semua kebaikan. Live to the max with Theragran-M.


Horreee ... sudah disteril
Foto : dokumen pribadi


You Might Also Like

1 komentar

  1. temen sha yang orang lamongan seneng banget sama kucing, piara banyak di rumahnya. sampe galau pas kucingnya keguguran. selalu salut dengan teman-teman yang menyayangi binatang :)

    BalasHapus

Pengikut