INDONESIA TANGKAL KOLESTEROL : Ajak Masyarakat Untuk Peduli Jantung Sehat

03.00

Para nara sumber di seminar Gerakan Jantung Sehat Indonesia Tangkal Kolesterol
Dr. Vito (dua dari kanan)
dok. pribadi
Menurut data dari Survey Sample Registration System (SRS) tahun 2014, sebanyak 12,9% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah, dan ini berpotensi terus meningkat setiap tahunnya.

Penyebab utama penyakit jantung koroner sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh gaya hidup modern yang minim aktivitas dan gerakan fisik atau sedentari. Kemajuan teknologi saat ini selain memudahkan untuk membantu aktivitas sehari-hari tapi juga memberi dampak berkurangnya gerakan fisik. Kalau dulu untuk memesan makanan kita harus ke warung atau resto dulu tapi sekarang tinggal pesan by phone, aplikasi online atau sosial media lalu bayar dan makanan dikirim ke tempat kita. Hemat waktu dan tenaga tapi mengurangi gerakan, harusnya hal seperti ini diimbangin dengan olahraga dan makan makanan sehat.

Stress, rokok dan alkohol juga memicu munculnya penyakit ini karena saat stress orang cenderung lebih sulit untuk mengontrol diri sehingga melampiaskan dengan makan makanan yang kurang sehat atau justru malas gerak.  Data dari European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition pada tahun 2008 menunjukkan kematian karena malas bergerak jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan karena obesitas.

Opening ceremony seminar
dok. pribadi
Butuh effort tinggi untuk mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat di tengah padatnya kesibukan serta menjadikan kemajuan teknologi sebagai sarana untuk menjaga kesehatan. Kalbe Nutrionals yang memiliki portofolio panngan fungsional yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) melalui brandanya Nutrive Benecol yang telah diakui bisa membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner kembali mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatannya sendiri.

Minggu lalu, 6 Agustus 2017 bertempat di Dyandra Convention Centre, Surabaya Nutrive Benecol bersama masyarakat Surabaya dan sekitarnya menggelar Seminar Gerakan Jantung Sehat INDONESIA TANGKAL KOLESTEROL. Bergabung sebagai narasumber, Pengasuh Redkasi Medis dari klikdokter.com ada  DR. Vito A. Damay Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA.

Selanjutnya kegiatan ini akan dihelat juga di beberapa kota besar lainnya yakni Makassar pada 27 Agustus, Bandung di 23 September dan Jakarta pada 8 Oktober nanti.

Cek kolesterol
dok. pribadi
Dr. Vito menjelaskan bahwa kolesterol dan penyakit kardiovaskuler tidak tiba-tiba muncul melainkan melalui proses yang disebut ateroklerosis yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika terbentuk plak pada dinding pembuluh darah arteri. Nah, penumpukan ini mempersempit arteri sehingga darah sulit untuk mengalir lancar dalam arteri. Palk juga bisa pecah dan memicu terbentuknya bekuan darah dan gangguan aliran darah ini dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Salah satu penyebab utama ateroklerosis adalah dislipidemia yaitu meningkatnya kadar kolesterol, trigliserida atau keduanya, atau penurunan kadar HDL dalam plasma darah yang berkontribuso pada perkembangan ateroklerosis.

Nutrive Benecol 2x shari untuk menurunkan kolesterol
dok. pribadi
Melalui kampanye Gerakan Jantung Sehat : Indonesia Tangkal Kolesterol 2017, Nutrive Benecol mengajak masyarakat turut berpartisipasi aktif menurunkan risiko jantung koroner melalui Gerakan Jantung Sehat melalui 3 langkah yaitu:
1.       Mengenal
2.       Menurunkan
3.       Mengontrol kolesterol

Dalam kesempatan ini Nutrive Benecol juga mengajak masyarakat untuk menjalani gaya hidup TANGKAL sebagai Cara Enak Turunkan Kolesterol. Adapun 7 LANGKAH TANGKAL KOLESTEROL ini antara lain adalah:
  1. Teratur periksa kolesterol.
  2. Awasi asupan dan pola makan.
  3. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol.
  4. Giat berolahraga.
  5. Kendalikan berat badan dan hindari stress.
  6. Awasi tekanan darah.
  7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari.

Hidup sehat untuk hidup yang lebih manis
dok. pribadi
Jaga jantung kita dengan hidup sehat dan hindari stress ya, hidup hanya sekali akan lebih baik kalau bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan kita. Would you do it with me?








You Might Also Like

1 komentar

  1. Kayaknya kolesterol udah jadi penyakit langganan orang Indonesia deh, hehe tepat banget kalau ada Diabetasol!

    BalasHapus

Pengikut